Sabtu, 31 Januari 2009

Prsopek Ekonomi dan Politik Indonesia 2009- Pro.Dr.Dorodjatun Kuntjoro-Tjakti

LIPUTAN DARI BUSINESS GATHERING BANK BTPN DENGAN PRF.DR.DORODJATUN KUNTJORO-JAKTI:
PROSPEK EKONOMI DAN POLITIK INDONESIA TAHUN 2009
TGL 29 JANUARI 2009 DI BALI.

1. RESESI ADALAH HAL WAJAR DAN SELALU TERJADI DALAM SIKLUS EKONOMI JANGKA PANJANG YANG NAIK DAN TURUN. ADAPUN DALAM FASE SEBELUM RESESI TELAH TERJADI OVER VALUE OLEH INVESTOR TERHADAP BERBAGAI PRODUK SEPERTI SAHAM, MINYAK BUMI, KOMODITI DAN LAINNYA. DAN SAAT INI TERKOREKSI TAJAM SEBAGAI AKIBAT PENYESUAIAN EKSPEKTASI PASAR TERHADAP KONDISI REAL SAAT INI.
2. KONDISI 2009, RESESI TERJADI DI HAMPIR SELURUH DUNIA. SEHINGGA DIHARAPKAN SEMUA PARA PELAKU EKONOMI SELALU WASPADA KARENA BILA MEREKA (MAYORITAS) PERCAYA RESESI BERJALAN DALAM MASA YANG PANJANG (>1THN), OTOMATIS SEMUA AKAN MENGEREM INVESTASI YANG JUGA BERAKIBAT SEMAKIN LAMANYA RECOVERY EKONOMI DUNIA. ITULAH SEBABNYA DILAKUKAN STIMULUS-STIMULUS EKONOMI OLEH BANYAK PEMERINTAH AGAR RODA EKONOMI TIDAK MACET. CONTOH PAKET STIMULUS EKONOMI USA YANG MENCAPAI 1 TRILIUN DOLAR AS, PAKET STIMULUS OLEH PEMERINTAH INDONESIA.
3. SITUASI POLITIK INDONESIA DALAM MASA PEMILU CUKUP AMAN KARENA BANGSA INDONESIA SUDAH BANYAK MELAKUKAN PEMILU. MASSA SEKARANG SUDAH LEBI PANDAI DALAM BERSIKAP. BAHKAN PEMILU DI INDONESIA MEMBANTU PERGERAKAN EKONOMI KARENA PEMERINTAH MENGELUARKAN BIAYA YANG SANGAT BESAR.
4. BAGI YANG PUNYA MODAL BESAR, SEKARANGLAH SAAT YANG TEPAT UNTUK BERINVESTASI. KARENA DISAAT PESIMISTIS (RESESI), PARA INVESTOR BISA MEMBELI/BERINVESTASI DENGAN MENDAPATKAN HARGA PEROLEHAN YANG MURAH (UNDER VALUE).
5. PERUSAHAAN DIHARAPKAN MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DAN MENINGKATKAN CASH FLOW. KARENA PERUSAHAAN BISA MACET TANPA CASH FLOW. SALAH SATU CARA MENINGKATKAN CFDENGAN MEMINTA PINJAMAN DANA SIAGA KEPADA BANK YANG SEWAKTU-WAKTU BISA DIPAKAI UNTUK MENUTUP BIAYA OPERASIONAL PERUSAHAAN. KARENA KITA JUGA TIDAK TAHU BERAPA LAMA RESESI BERLANGSUNG.
6. SITUASI EKONOMI DI INDONESIA SEKARAN SUDAH LEBIH KUAT SEJAK PEMERINTAH PUSAT MEMBAGI-BAGIKAN DANA KE DAERAH DAN PENGELOLAAN DISERAHKAN LANGSUNG KE DAERAH. JADI DAERAH BISA LEBIH FOKUS PADA PEMBANGUNAN YANG PADAT KARYA . JADI DISINI PELUANG SANGAT BESAR UNTUK PARA PENGUSAHA KECIL/MIKRO.


CV PEMBICARA ‘PROF. DR.DORODJATUN KUNTJORO-JAKTI :
1.MANTAN MENTERI EKONOMI DI DALAM KABINER GUS DUR DAN MEGAWATI.
2.GURU BESAR FAKULTAS EKONOMI UI.
KOMISARIS UTAMA BANK BTPN.

Senin, 26 Januari 2009

Hati-hati Sama Pelanggan Yang Marah!

Hati-hati Sama Pelanggan Yang Marah!

Pelanggan yang marah bisa melakukan hal-hal yang bersifat fisik, tidak sekedar memaki-maki anda. Melukai atau bahkan membunuhpun bisa mereka lakukan. Itulah sebabnya, Anda harus memahami unsur psikologis pelanggan Anda.
Berbeda dengan 10 atau 20 tahun yang lalu, dimana pelanggan bisa menerima kesalahan pelayanan yang dilakukan oleh service provider.

Contoh langsung dapat dilihat dari:
1. rubrik surat pembaca disejumlah media yang selalu saja ada komplain masyarakat terhadap layanan atau merek tertentu yang mencapai 80% dari isi rubrik pembaca.
2. Koran Chigaco Sun – Times, pada Nov 2006 memberitakan tentang seorang pria (konsumen) mencekik supervisor bengkel mobil sampai mati, hanya karena gara-gara roda mobilnya tidak terpasang dengan benar dan komplainnya ditanggapi dengan argumentasi panjang oleh si supervisor.
3. Seorang pelayan Dunkin Donut (USA) dirawat dirumah sakit karena luka bakar tingkat satu akibat disiram kopi panas oleh seorang pria (konsumen) yang marah dikenakan PPN atas kopi yang dipesannya.
4. Koran Miami Herald thn 2007, memberitakan seorang manajer restoran Wendy’s ditembak lengannya oleh konsumen yang marah akibat saus sambal yang diberikan tidak sesuai keiinginannya.
5. Akhir thn 2008, Diperusahaan kerja saya juga terjadi chief mechanic dipukul konsumen karena salah memberi respon terhadap ketidakpuasan konsumen.

Ada 6 hal yang bisa menyulut kemarahan pelanggan:
1. Diperlakukan tidak adil 36,9%
2. Ancaman terhadap harga diri 32,5%
3. Kurangnya pertolongan dan kekuatan untuk menyelesaikan masalah 17,8%
4. Ancaman terhadap keamanan dirinya 7,5%
5. Kehilangan rasa memiliki 4,2%
6. Tidak dipercaya 1,1%.

Itulah sebabnya Prof Paul Patterson ‘ahli service quality dari Universitas New South Wales, Australia’ mengingatkan bahwa dalam strategi pelayanan perusahaan juga harus melibatkan sisi psikologis pelanggan. “Ingat saja teori Maslow tentang kebutuhan manusia, semua tahapan tersebut harus dipenuhi oleh strategi pelayanan kita,”kata Paul.

Tentu saja kita tidak bisa membuat pelayanan kita 100% bebas masalah. Jadi harus diikuti peningkatan/perbaikan mutu service.

Diringkas dari Majalah Marketing Agustus 2008

Senin, 19 Januari 2009

Link kumpulan presentasi dari berbagai dunia.

Ternyata manfaat internet sangat banyak. Diantaranya kita bisa mengunduh file-file presentasi berbagai topik dari seluruh dunia.
Silakan masuk ke http://www.slideshare.net.

Edukasi produk yang dijual.

Didalam pemasaran, sangat penting bagi kita untuk selalu melakukan edukasi ke konsumen/masyarakat umum akan fitur-fitur produk yang kita jual.
Tapi ingat, jangan semuanya dijelaskan serentak karena pada akhirnya membuat konsumen jadi semakin bingung.
Mendingan jelasin pada satu fitur yang paling menonjol.
Dibawah ini adalah salah satu karya tulisan saya yang dimuat pada media cetak untuk menarik dan mneyadarkan masyarakat umum akan pentingnya ban tubeless yang sampai saat ini hanya ada di motor matic Kymco.

KENAPA SEMUA MOTOR KYMCO PAKAI BAN TUBELESS?
Pertanyaan seperti judul diatas sering ditanyakan oleh para calon pembeli Kymco. Kenapa begitu? Karena belum matangnya pemahaman konsumen akan keunggulan dan kelebihan ban tubeless serta kesimpang siuran berita tentan ban tubeless.
Berikut ini, Kymco berusaha menjelaskan atau menjawab berbagai gossip yang ada:
1. Harga ban tubeless mahal!
Tidaklah bijaksana kalau kita membandingkan harga satu buah ban tubeless dengan satu buah ban biasa tanpa memperhitungkan harga ban dalam. Disini dapat kita simpulkan ban tubeless= ban biasa+ban dalam, sehingga secara hitungan ekonomis tidak ada bedanya.
2. Susah tambal ban tubeless.
Sebenarnya ban tubeless sangat mudah dan cepat penambalannya. Bayangkan, hampir disetiap sudut jalan tersedia jasa penambalan ban mobil (bengkel mobil dan di emperan) yang sudah pasti menerima tambal ban tubeless. Kalau penggantian ban biasa motor butuh waktu hampir satu jam, ban tubeless tidak perlu bongkar ban saat ditambal. Sehingga waktu yang diperlukan untuk tambal ban tubeless lebih singkat.
3. Ban tubeless identik tahan kempes?
Betul sekali, karena ban tubeless dilapisi oleh kain serat baja. Semua ban tubeless dijamin tidak akan kempes selama paku yang menusuk ke ban tidak dilepas sehingga motor dapat terus dipakai jalan dalam keadaan darurat. Tapi tentu saja ban tubeless yang tertusuk paku harus segera ditambal agar karet pada ban lebih awet.
4. Apakah ban tubeless mudah kembung atau bunting?
Jawaban pasti adalah tidak. Memang dulu sempat terjadi cacat produksi pada ban-ban tubeless dari salah satu pabrik ban di Indonesia. Tetapi saat itu langsung dilakukan proses tukar baru atas semua ban tubeless yang cacat produksi secara gratis. Sekarang dengan makin ketatnya proses pengawasan dan makin banyaknya ban-ban tubeless merek lain membuat konsumen mendapatkan kepastian atas kualitas ban tubeless yang bagus dan harganya semakin murah.
5. Apa betul ban tubeless lebih awet dan nyaman digunakan?
Memang ban tubeless lebih awet daripada ban biasa karena dilapisi serat kain baja. Dan bibir ban tubeless yang lebih tebal dari ban biasa menyebabkan daya redam ban tubeless atas pantulan permukaan jalan yang tidak rata lebih bagus alias lebih empuk. Apalagi kalau diisi gas nitrogen (hanya bisa untuk ban tubeless), dijamin ban tubeless anda makin awet karena sifat gas nitrogen yang lebih dingin daripada angin compressor.
6. Mengapa ban tubeless lebih aman?
Dengan karakteristik ban tubeless yang tidak mudah kempes karena pada dinding ban diberi kain serat baja, maka pengendara motor saat jalan dengan kecepatan 60km/jam tidak akan terpelanting apabila bannya mendadak terkena paku. Selain itu permukaan ban tubeless lebih luas yang mencengkram ke jalanan sehingga tidak mudah slip saat hujan.
Sebagai ilustrasi: Si A kerja di hotel dan dapat shift malam. Kebetulan saat pulang malam jam 24:00 ban motor Kymconya terkena paku. Karakteristik ban tubeless ini tidak akan kempes selama paku yang menusuk tidak dilepas sehingga si A tidak perlu stress mencari tempat tambal ban. Karena motor tetap bisa dikendarainya dan baru keesokan pagi ditambal.

Dari ulasan diatas, maka dapat dilihat bahwa ban tubeless lebih awet dan nyaman serta aman. Itulah sebabnya Kymco sebagai produsen sepeda motor matic terbesar di Taiwan selalu menggunakan ban tubeless sebagai kelengkapan standar di seluruh produk sepeda motor maticnya sejak tahun 1963 di seluruh dunia.

Seni dan Ilmu Berjualan

Berikut ini presentasi saya ke Kymco sales and marketing departement yang diambil dari pemikiran Prof.T.K.G.Namboodhiri:

Seni dan Ilmu Berjualan
Dirangkum oleh: Harianto Widjaja/Divisi Sales and Marketing Kymco 2008.

Dasar untuk sukses:
1. Berpikir, bersikap dan bertindak antusias.
2. Aktif bersosialisasi. Minimal sehari mencari dan bertemu dgn 4-5 orang prospek.
3. Ahli berbicara didepan umum untuk mendukung anda dalam meyakinkan prospek.
4. Membuat jadwal/pencatatan yang baik. Sehingga aktivitas harian berlangsung dengan teratur dan terarah serta dasar utk mengevaluasi kelebihan dan kelemahan dari aktivitas tersebut.

Cara untuk sukses dalam berjualan:
1. Cari tahu apa yang diinginkan prospek dengan mengajukan pertanyaan kepada prospek dan berikan solusi terbaik baginya dengan produk Kymco yang ada.
2. Buat prospek jadi sangat ingin memiliki produk Kymco seelah poin satu diketahui oleh salesman.
3. Selalu berusaha agar seolah-olah keputusan atas memilih produk Kymco dari dirinya sendiri. Karena setiap orang sangat senang dipuji (terhadap kemampuannya secara jujur, misal; prospek adalah dosen di Universitas Udayana) dan dihormati serta diperlakukan sebagai orang istimewa.
4. Prinsip Dasar utk terjadinya penjualan:
a. Buat janji dgn prospek
b. Persiapan yang matang (brosur, kalkulator, balpoin)
c. Selalu mencari tahu tentang hal-hal yang menjadi dasar/kebutuhan/ketertarikan prospek dalam memilih/membeli motor dengan pertanyaan seperti: untuk siapa, ukuran tubuh pemakai, kegiatan pemakai motor tersebut, cash/kredit, dan seterusnya.
d. Selalu buat catatan agar prospek bisa ditindaklanjuti di masa yang akan datang bila transaksi belum bisa dilakukan saat ini.
e. Prospek yang bisa kita sadarkan kebutuhan dia yang sebenarnya pasti akan lebih mudah diarahkan untuk membeli motor Kymco yang cocok dengan kebutuhannya, contoh: Prospek butuh motor yang irit dengan budget 12 jutaan untuk anaknya laki yang berbadan gemuk. Awalnya dia tertarik Honda Vario. Dengan mengajukan pertanyaan kepada dia dan menjelaskan keunggulan produk Kymco (mis: Libero) maka diharapkan pikiran dan keinginan konsumen memiliki kymco semakin keras.
f. Dengan mengetahui secara pasti kebutuhan dan keinginan prospek yang sebenarnya (dengan berusaha memahami pemikiran dari sudut prospek akan kemauan, keinginan dan gairah thdp produk) akan motor yang diingininya maka semakin cepat bagi kita untuk deal transaksi karena tidak perlu ada adu argumentasi yang terlalu lama.
g. Dalam melayani harus berpandu metode dan sikap:
i. Ramah tamah
ii. Jadilah rekan yang baik dalam mendampingi prospek dalam berdialog dan bertukar pikiran.
iii. Berikan opini seandainya salesman jadi prospek maka tentu akan pilih motor dengan criteria seperti: isi bensin dari depan (praktis), irit bensin krn sekarang bensin naik terus, dll.
iv. Berikan sanjungan kepada motor competitor dgn tetap memberikan catatan atas kelemahannya. Contoh: Bila prospek lebih senang dengan Honda maka salesman jelaskan: Memang Honda Vario itu bagus modelnya tapi setahu saya dari info konsumen yang ganti motor Vario dengan Kymco Libero. Ternyata saat distarter bunyinya sangat kasar, isi radiator harus pakai air khusus yang tentu saja nambah biaya operasional, dll.
h. Selalu berpikir positif bahwa setiap orang adalah prospek dan selalu berusaha untuk melakukan transaksi penjualan.

Kenapa seseorang butuh motor baru?
1. Karena kebutuhannya
2. Jadi pastikan apa saja yang dibutuhkannya terhadap motor barunya dan tawarkan motor Kymco yang sesuai dengannya.
3. Usahakan agar prospek aktif berbicara sehingga salesman tahu akan kebutuhannya.
4. Fokuskan pembicaraan terhadap kebutuhan konsumen tersebut dan motor Kymco yang cocok dengannya.

Pertanyaan paling penting dlm berjualan adalah ‘Mengapa’:
1. Dalam kasus tertentu, kadang konsumen membeli sesuatu diluar kata-kata yang diungkapkan kepada salesman.
2. Salesman harus bisa berkreativitas/improvisasi dalam mengatasi kasus no.1 dengan juga memberikan masukan-masukan agar prospek sadar akan kebutuhan dia yang sebenarnya.

Seni dalam mendengarkan konsumen sangat penting:
1. Menjadi pendengar yang baik terhadap prospek menunjukkan kita hormat padanya.
2. Berikan perhatian khusus dan pujian/respon atas ceritanya.

Salam pembukaan......

Akhirnya berhasil juga aku membuat blog. Semoga isi blog ini bermanfaat bagi semua orang.


Salam,



Harianto Widjaja, MM