Senin, 19 Januari 2009

Edukasi produk yang dijual.

Didalam pemasaran, sangat penting bagi kita untuk selalu melakukan edukasi ke konsumen/masyarakat umum akan fitur-fitur produk yang kita jual.
Tapi ingat, jangan semuanya dijelaskan serentak karena pada akhirnya membuat konsumen jadi semakin bingung.
Mendingan jelasin pada satu fitur yang paling menonjol.
Dibawah ini adalah salah satu karya tulisan saya yang dimuat pada media cetak untuk menarik dan mneyadarkan masyarakat umum akan pentingnya ban tubeless yang sampai saat ini hanya ada di motor matic Kymco.

KENAPA SEMUA MOTOR KYMCO PAKAI BAN TUBELESS?
Pertanyaan seperti judul diatas sering ditanyakan oleh para calon pembeli Kymco. Kenapa begitu? Karena belum matangnya pemahaman konsumen akan keunggulan dan kelebihan ban tubeless serta kesimpang siuran berita tentan ban tubeless.
Berikut ini, Kymco berusaha menjelaskan atau menjawab berbagai gossip yang ada:
1. Harga ban tubeless mahal!
Tidaklah bijaksana kalau kita membandingkan harga satu buah ban tubeless dengan satu buah ban biasa tanpa memperhitungkan harga ban dalam. Disini dapat kita simpulkan ban tubeless= ban biasa+ban dalam, sehingga secara hitungan ekonomis tidak ada bedanya.
2. Susah tambal ban tubeless.
Sebenarnya ban tubeless sangat mudah dan cepat penambalannya. Bayangkan, hampir disetiap sudut jalan tersedia jasa penambalan ban mobil (bengkel mobil dan di emperan) yang sudah pasti menerima tambal ban tubeless. Kalau penggantian ban biasa motor butuh waktu hampir satu jam, ban tubeless tidak perlu bongkar ban saat ditambal. Sehingga waktu yang diperlukan untuk tambal ban tubeless lebih singkat.
3. Ban tubeless identik tahan kempes?
Betul sekali, karena ban tubeless dilapisi oleh kain serat baja. Semua ban tubeless dijamin tidak akan kempes selama paku yang menusuk ke ban tidak dilepas sehingga motor dapat terus dipakai jalan dalam keadaan darurat. Tapi tentu saja ban tubeless yang tertusuk paku harus segera ditambal agar karet pada ban lebih awet.
4. Apakah ban tubeless mudah kembung atau bunting?
Jawaban pasti adalah tidak. Memang dulu sempat terjadi cacat produksi pada ban-ban tubeless dari salah satu pabrik ban di Indonesia. Tetapi saat itu langsung dilakukan proses tukar baru atas semua ban tubeless yang cacat produksi secara gratis. Sekarang dengan makin ketatnya proses pengawasan dan makin banyaknya ban-ban tubeless merek lain membuat konsumen mendapatkan kepastian atas kualitas ban tubeless yang bagus dan harganya semakin murah.
5. Apa betul ban tubeless lebih awet dan nyaman digunakan?
Memang ban tubeless lebih awet daripada ban biasa karena dilapisi serat kain baja. Dan bibir ban tubeless yang lebih tebal dari ban biasa menyebabkan daya redam ban tubeless atas pantulan permukaan jalan yang tidak rata lebih bagus alias lebih empuk. Apalagi kalau diisi gas nitrogen (hanya bisa untuk ban tubeless), dijamin ban tubeless anda makin awet karena sifat gas nitrogen yang lebih dingin daripada angin compressor.
6. Mengapa ban tubeless lebih aman?
Dengan karakteristik ban tubeless yang tidak mudah kempes karena pada dinding ban diberi kain serat baja, maka pengendara motor saat jalan dengan kecepatan 60km/jam tidak akan terpelanting apabila bannya mendadak terkena paku. Selain itu permukaan ban tubeless lebih luas yang mencengkram ke jalanan sehingga tidak mudah slip saat hujan.
Sebagai ilustrasi: Si A kerja di hotel dan dapat shift malam. Kebetulan saat pulang malam jam 24:00 ban motor Kymconya terkena paku. Karakteristik ban tubeless ini tidak akan kempes selama paku yang menusuk tidak dilepas sehingga si A tidak perlu stress mencari tempat tambal ban. Karena motor tetap bisa dikendarainya dan baru keesokan pagi ditambal.

Dari ulasan diatas, maka dapat dilihat bahwa ban tubeless lebih awet dan nyaman serta aman. Itulah sebabnya Kymco sebagai produsen sepeda motor matic terbesar di Taiwan selalu menggunakan ban tubeless sebagai kelengkapan standar di seluruh produk sepeda motor maticnya sejak tahun 1963 di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar